PROGRAM KERJA TATA USAHA MTSN MUARA TEMBESI TAHUN PELAJARAN 2015-2016


PROGRAM KERJA TATA USAHA
MTSN MUARA TEMBESI TAHUN PELAJARAN 2015-2016



DATA-KHO
 
















JALAN KRAMAT JOHOR DESA RAMBUTAN MASAM KECAMATAN MUARA TEMBESI KABUPATEN BATANG HARI KODE POS 36653






LEMBAR PENGESAHAN

Yang bertanda tangan di bawah ini
Kepala Madrasah Tsanawiyah  Negeri Muara Tembesi
Kecamatan Muara Tembesi Kabuupaten Batang Hari


MENGESAHKAN


Program Kerja Tata Usaha
MTsN Muara Tembesi
Tahun Pelajaran 2015/2016



Muara Tembesi,    Juli 2015
MTsN Muara Tembesi
Kepala  Madrasah,




Erman, S.Pd.I
NIP 19710605 199503 1 001



KATA PENGANTAR


Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, Karena berkat Rakhmat dan Karunia-Nya kami dapat menyelesaikan penyusunan Program Kerja Tata Usaha Tahun Pelajaran 2015/2016. Penyusunan Program Kerja ini dimaksudkan untuk memberikan arahan dan pedoman khusus bagi Tenaga Administrasi Tata Usaha MTsN Muara Tembesi, dan bagi semua komponen yang terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Dengan adanya Program Kerja ini diharapkan kegiatan Administrasi Madrasah Tahun Pelajaran 2015/2016 dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar, serta mencapai tujuan yang diinginkan. Program Kerja Tata Usaha Tahun Pelajaran 2015/2016 ini berisi tentang gambaran penyelenggaraan Administrasi Madrasah, mulai dari Perencanaan, Persiapan, Pelaksanan, Pengawasan, Evaluasi dan Pelaporan. Dan diharapkan para personil dapat memiliki keseragaman langkah, kesatuan bahasa, dan keseimbangan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Dalam penyusunan Program Kerja ini, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan hasil yang terbaik. Namun demikian kami menyadari apabila dalam Program Kerja ini masih banyak kekurangan dan kelemahan, oleh karna itu kami sangat menghargai saran dan kritik yang konstruktif dari semua pihak untuk perbaikan dan penyempurnaan Program Kerja ini.

Dan tak lupa kami menyampaikan rasa terima kasih yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan penyusunan Program Kerja ini. Akhirnya kami berharap, semoga Program Kerja Tata Usaha Tahun Pelajaran 2015/2016 yang telah tersusun ini dapat berfungsi secara efektif dan efisien khususnya di MTsN Muara Tembesi.

Muara Tembesi,      Juli 2015
Penyusun


BAB I
PENDAHULUAN

A.     Latar Belakang

Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila, bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, berdisiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggung jawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani.

Untuk mencapai tujuan Pendidikan Nasional di atas, salah satunya adalah adanya pengelolaan administrasi Madrasah yang mencakup diantaranya dalam peningkatan jenis mutu prasarana dan sarana pendidikan. Sebagai wujud pencapaian tujuan Pendidikan Nasional dimaksud, maka kegiatan-kegiatan tersebut di atas harus ditunjang oleh pelayanan administrasi Madrasah yang teratur, terarah, dan terencana. Dengan pelayanan administrasi Madrasah yang baik akan menunjang penyelenggaran proses belajar dan mengajar yang baik pula.

Salah satu upaya kongkrit untuk mencapai tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan, maka Kepala Urusan Tata Usaha MTsN Muara Tembesi menyusun Program kerja yang harus dilaksanakan oleh semua unsur yang terkait dalam Organisasi Ketatausahaan. Program ini merupakan landasan operasional Tata Usaha Madrasah yang dilaksanakan secara bertahap berkesinambungan terarah dan komprehensip sehingga diharapkan dapat berhasil sinergi yang bermanfaat untuk meningkatkan kinerja karyawan atau Tata Usaha Madrasah.

Kepala Urusan Tata Usaha Madrasah semaksimal mungkin memaparkan sebagai aspek dan skedul kegiatan, Namun kami menyadari bahwa tidak tertutup kemungkinan dalam menyusun program kerja ini belum mencapai tingkat kesempurnaan, baik sisi subtansi maupun target pelaksanaan dan sebagainya.

Akhirnya kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan program kerja ini, semoga Tuhan Yang Maha Esa membalas kebaikannya.

B.     Dasar Hukum
1.       Undang-undang Republik Indonesia No 20 Taun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.       Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 24 tahun 2008 tentang Kompetensi Teknis Tata Usaha Madrasah.

C.   Tujuan
Program Kerja Tata Usaha ini disusun dengan tujuan :
1. Memberikan petunjuk pelaksanaan kegiatan Administrasi di MTsN Muara Tembesi;
2.  Sebagai penjabaran dari rencana Kerja Tata Usaha selaku tenaga Administrasi Madrasah;
3.  Untuk memudahkan pelaksanaan supervise dan evaluasi yang dapat mengadakan tindak lanjut perbaikan / pengembangan Tahun-tahun berikutnya;
4.  Sebagai acuan pelaksanaan Administrasi di MTsN Muara Tembesi;
5.  Tertibnya Administrasi Tahun Pelajaran 2015/2016;

D.     Ruang Lingkup
Tata Usaha sebagai basis administrasi Madrasah merupakan bagian tak dapat dipisahkan, yang memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pendidikan. yaitu sebagai :
a.       Pengelolaan administrasi kepegawaian, keuangan, , perlengkapan dan inventarisasi;
b.       Pengelolaan urusan rumah tangga, surat menyurat dan kearsipan;
c.       Penyiapan data dan informasi Madrasah, kepustakaan dan hubungan masyarakat;
d.       Pelaksanaan penyusunan laporan kegiatan urusan tata usaha Madrasah.

E.   Sistematika
Program Kerja Tata Usaha Madrasah Tsanawiyah Negeri Muara Tembesi Tahun Pelajaran 2015/2016 disusun dengan sistematika sebagai berikut:


BAB I. PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
B.      Dasar  Hukum
C.     Tujuan
D.     Ruang Lingkup
E.      Sistematika

BAB II. ADMINISTRASI TATA USAHA
A.       Administrasi Kepegawaian
B.       Administrasi Keuangan
C.       Administrasi Kesiswaan
D.       Administrasi Barang
E.        Administrasi Ketatausahaan

BAB III SUSUNAN PERSONALIA
BAB IV ADMINISTRASI TATA USAHA
BAB V PENUTUP


BAB II
ADMINISTRASI TATA USAHA


A.     Administrasi Kepegawaian
a.1. File Guru dan pegawai ( Dikumen guru dan pegawai )
a.2. Buku induk guru dan pegawai
a.3. Buku kendali ( buku jadwal kenaikan gaji berkala dan kenaikan tingkat )
a.4. Buku SKP
a.5. Buku DUK
a.6. Buku Catatan kemajuan guru dan pegawai
a.7. Buku cuti pegawai dan guru
a.8. Buku mutasi pegawai
a.9. Buku data sertifikat pelatihan/seminar guru dan pegawai
a.10. Rencana pengembangan SDM
a.11. Analisis kebutuham guru
Keterangan :
a.1 ( File Guru dan pegawai ) merupakan kumpulan data / berkas berkas masing – masing guru dan pegawai seperti SK. Pengangkatan pertama sampai dengan terakhir, SK berkala, Karpeg, Taspen, Ijasah, dll. Manfaat dari file guru dan pegawai untuk memudahkan mencari data dan mencari arsip-arsip data guru dan pegawai.
a.2.           ( Buku Induk Guru dan pegawai ) merupakan buku yang berisi data – data guru dan pegawai manfaatnya untuk mengetahui jumlah guru yg ada, dan urutan yang ke berapa mulai berada di instansi tersebut dll.
a.3.           ( Buku Kendali ) merupakan buku yang berisi tentang jadwal kenaikan pangkat dan kenaikan gaji berkala bagi guru dan pegawai. Manfaatnya untuk mengetahui kapan guru atau pegawai akan naik pangkat dan kenaikan berkala.
a.4.           ( Buku SKP ) merupakan buku yang berisi sekumpulan nilai atas prestasi kerja yang dilakukan. Manfaaatnya untuk syarat kenaikan pangkat dll.
a.5.           ( Buku DUK ) merupakan daftar urutan pangkat guru dan pegawai. Mafaat DUK untuk mengetahui urutan pangkat tertinggi sampai yang terendah.

B.   Administrasi Ketatausahaan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
b.1. Program kerja tata usaha
b.2. Absensi dan rekap absen guru dan pegawai
b.3   Buku agenda masuk keluar
b.4. Buku ekspedisi
b.5. Sistem penyimpanan arsip

Keterangan :
b.1. ( Program kerja Tata Usaha ) merupakan rencana kerja ketatausahaan yang akan dilakukan selama tahun pelajaran berlangsung dengan bertujuan supaya dalam melaksanakan tugas terarah sesuai program yang dibuat.
b.2. Absensi dan rekap absen guru dan pegawai digunakan untuk mrngetahui kehadiran dan tidak kehadiran guru/pegawai dan jam berapa hadir dan jam berapa pulang sedangkan rekap untuk mengetahui berapa jumlah masing-masing guru yang tidak hadir dalam satu bulan.
b.3. Buku agenda masuk keluar buku yang mencatat surat – surat masuk dan keluar.
b.4. Buku ekspedisi buku yang digunakn untuk tanda terima bila mengantarkan surat
b.5. Sistem penyimpanan arsip yaitu surat masuk dan surat keluar disimpan sesui dengan kode-kode yang ada dan diurutkan sesuai tanggal masuk atau keluar tujuan dari system menyimpanan ini untuk memudahkan mencari kembali surat yang masuk dan surat yang kelauar dll.

C.   Administrasi Keuangan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
c.1   Buku Kas Umum
c.2. Buku Kas Pembantu
c.3. Laporan keuangan




Keterangan :
c.1. Buku Kas Umum merupakan buku yang mencatat penerimaan dan pengeluaran yang dilakukan oleh bendahara tujuannya untuk mengetahu berapa jumlah uang yang masuk dan berapa jumlah uang yang keluar sehingga bisa ketemu berapa saldonya setiap bulan
c.2. Buku Kas Pembantu merupakan buku catatan pengeluaran secara rinci per mata anggaran.
c.3. Laporan keuangan yaitu laporan keuangan Madrasah yang dipertanggungjawabkan oleh Kepala Madrasah dan Bendahara

D.   Administrasi Barang
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
d.1. Buku Induk / Inventaris barang
d.2. Buku Non Inventaris
d.3. Buku Pemeliharaan
d.4. Buku kendali / stok barang

Keterangan :
d.1. Buku Induk / Inventaris barang buku yang mencatat tentang barang yang telah diperoleh baik dari pembelian dari droping maupun dari bantuan
d.2. Buku Non Inventaris adalah buku yang mencatat barang-barang yang habis pakai baik dari pembelian maupun bantuan.
d.3. Buku Pemeliharaan adalah buku yang yang mencatat tentang barangbarang inventaris yang di perbaiki.
d.4. Buku kendali / stok barang adalah buku yang mencatat masing-masing barang untuk diketahui berapa jumlah barang yang masuk dan berapa jumalah barang yang keluar sehingga diketemukan sisa barang.

E.   Administrasi Kesiswaan
Dalam hal tersebut yang perlu disiapkan / disediakan :
e.1.    Buku Induk siswa
e.2.    Klaper
e.3.    Buku mutasi masuk, keluar
e.4.    Buku Prestasi
e.5.    Rekap absen siswa
e.6.    Buku kumpulan nilai
e.7.    Daftar nominatif siswa
e.8.    Foto copy ijasah/ DHUN/ Transkip/sertifikat siswa dan tamatan
e.9.    Rapor siswa

Keterangan :
e.1. Buku Induk siswa buku yang mencatat tentang diri siswa yang diurutkan sesuai dengan nomor induk siswa, selain data juga ditampilkan foto siswa serta juga ditampilkan data pelaporan penilaian hasil belajar siswa.
e.2. Klaper buku yang mencatat nama siswa menurut abjad
e.3.  Buku mutasi masuk, mutasi keluar buku yang mencatat siswa yang pindah Madrasah atau DO, serta mencatat siswa yang mutasi masuk di dalam buku mutasi juga terdapat rekapitulasi keadaan siswa buku ini setiap bulan dipertanggung jawabkan kepada Kepala Madrasah.
e.4.  Buku Prestasi buku yang mencatat prestasi yang diraih siswa baik akademis maupun non akademis
e.5. Rekap absen siswa buku rekap yang berisi tentang rekap masing – masing siswa yang tidak hadir dalam satu bulan.
e.6. Buku kumpulan nilai buku yang berisi tentang kumpulan nilai dari beberapa bidang studi mulai dari semester satu sampai semester dua manfaat dari buku ini untuk dipindahkan di buku induk siwa dalam lembaran pelaporan hasil belajar siswa.
e.7. Daftar Nominasi siswa daftar susunan nama siswa yang akan mengikuti Ujian Akhir Nasional
e.8. Foto copy ijasah/ DHUN/ Transkip/sertifikat siswa dan tamatan : kumpulan ijasah siswa yang telah lulus, dikelompokkan sesuai tahun pelajaran
e.9. Rapor siswa : Buku hasil belajar siswa yang diberikan kepada siswa setiap semester.



BAB III
SUSUNAN PERSONALIA TATA USAHA MTsN MUARA TEMBESI
TAHUN PELAJARAN 2015/2016


No.
NAMA
NIP
PENDIDIKAN
JABATAN
GOLONGAN
KET

1
2
3
4
5
6

Imaroh, S.Ag
Sumirna, S.Pd.I
Izhar Ependi, S.Pd.I
Ummi Mahmudah, S.Pd.I
Al Imron
M. Soleh

197607052003122004
-
-
-
-
-

S1
S1
S1
S1
SMA
SMA


Kaur TU
Tata Usaha
Tata Usaha
Tata Usaha
Tata Usaha
Satpam

III/c
-
-
-
-
-













































BAB IV
PROGRAM KERJA URUSAN TATA USAHA
MTSN MUARA TEMBESI



PROGRAM UMUM :

1.            Penyusunan program kerja tata usaha madrasah
2.            Pengelolaan keuangan madrasah
3.            Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa
4.            Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha madrasah
5.            Penyusunan administrasi perlengkapan madrasah
6.            Penyusunan dan penyajian data / statistik madrasah
7.            Mengkoordinasikan dan melaksanakan 8 K
8.            Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala.

PROGRAM KHUSUS :

A.          PROGRAM HARIAN :
1.      Menangani dan menyelesaikan surat menyurat
2.      Mengatur kebersihan ruangan kepala madrasah, guru dan tata usaha
3.      Melayani guru, siswa dan masyarakat yang berkenaan dengan kegiatan madrasah
4.   Mencari informasi baru melalui media massa, layanan internet, dan dari instansi terkait
5.   Membuat berita website
6.   Mendownload berita website yang telah terbit
7.   Membuat laporan capaian kinerja harian
7.      Agenda surat masuk / keluar
8.      Arsip surat masuk / keluar

B.           PROGRAM MINGGUAN :
1.      Upacara bendera setiap hari senin dan hari besar lainnya
2.      Meneliti penyelesaian / pengiriman surat menyurat
3.      Menyelesaikan surat mutasi siswa
4.      Membersihkan halaman / pekarangan madrasah ( 8 K )
5.      Dan lain-lain

C.           PROGRAM BULANAN :
1.      Mengirim laporan pemberitahuan masa PPh pasal 21 ( gaji ) dan pasal 22 ( belanja barang )
2.      Membuka / menutup Buku Kas Umum
3.      Mengumpulkan / merekapitulasi absen guru, tata usaha dan siswa
4.      Memasukan data bertambah / berkurang keadaan murid
5.      Mengirim laporan bulanan madrasah
6.      Mengirim laporan bulanan perpustakaan dan lain-lain
7.      Membagikan gaji / rapel /  guru dan tata usaha
8.      Mengisi buku induk barang inventaris
9.      Mengisi buku pembelian barang
10.  Mengisi buku penerimaan barang
11.  Mengisi buku pengeluaran barang
12.  Mengisi buku kartu struck / persediaan barang
13.  Mengisi kartu pemeliharaan
14.  Mengisi buku induk non inventaris
15.  Mengisi buku induk barang inventaris
16.   Mengisi buku golongan barang inventaris
17.  dan lain-lain






D.          PROGRAM  SEEMESTER :
1.      Mengirim laporan berita acara pemeriksaan kas bendaharawan UUDP dan menutup / membuka buku tabelaris setelah pemeriksaan
2.      Membuat SK pembagian tugas guru / mengajar / semester
3.      Membuat SK panitia evaluasi belajar setiap semester
4.      Pengisian buku induk siswa ( data nilai semester dll )
5.      Pengisian buku klaper
6.      Mengirim data guru pada laporan bulanan madrasah
7.      Mengisi buku induk pegawai
8.      dan lain-lain

E.           PROGRAM TAHUNAN :
1.      Penyusunan program kerja kepala madrasah dan kaur tata usaha
2.      Mengirim laporan surat pemberitahuan ( SPT ) tahunan pasal 21 ( gaji ) pajak penghasilan PPh pasal 21 karyawan ( bulan januari s.d desember )
3.      Mengirim laporan pajak-pajak pribadi
4.      Mengirim laporan surat pemberitahuan penunjukan kembali bendaharawan gaji/UUDP
5.      Mengirim laporan penyusunan PK RAPBM
6.      Mengirim KP 4
7.      Mengirim laporan surat kenaikan gaji berkala ( KGB )
8.      Mengirim usul kenaikan pangkat tenaga edukatif ( DUPAK ) dan tenaga administratif
9.      Mengirim laporan daftar guru mata pelajaran
10.  Penyusunan / pengiriman DUK
11.  Pengetikan SKP guru / tata usaha
12.  Mengirim laporan format data guru
13.  Mengirim laporan koesioner keadaan 31 agustus
14.  Mengirim laporan koesioner individual guru
15.  Mengirim laporan awal pelaksanaan UAN / UNAS
16.  Mengirim daftra nama pengawas UNAS
17.  Membuat SK panitia UAN/UNAS
18.  Mengirim hasil laporan UAN / UNAS
19.  Mengirim laporan SPJ keuangan UAN / UNAS
20.  Mengirim bertia acara pengembalian blangko Ijazah /SKHUN dari madrasah ke Kantor Kemenag Batang Hari
21.  Membuat SK panitia PMB/MOPDB
22.  Mengirim laporan daftar 8355
23.  Mengirim rekap laporan barang inventaris milik negara
24.  Mengirim laporan tengah tahunan dan tahunan
25.  Mengirim laporan data pendidikan per 31 Agustus
26.  Dan lain – lain.




















BAB V
PRORAM KERJA TATA USAHA

Program kerja Tata Usaha merupakan salah satu landasan / pedoman dalam rangka melaksanakan tugas Tata Usaha Madrasah/Madrasah dan menitik beratkan pada penyusunan administrasi Madrasah guna meningkatkan mutu pendidikan di MTsN Muara Tembesi Tahun Pelajaran 2015/2016.

A.   Program jangka pendek ( Kurun waktu 2015/2016)
Program kerja jangka pendek merupakan bagian atau harus dilaksanakan tahun pertama oleh Tata Usaha Madrasah, yaitu :
  1. Mengelola keuangan
  2. Menyusun Administrasi ketenagaan Madrasah
  3. Menyusun Administrasi Madrasah
  4. Penyajian data/ Statistik Madrasah
  5. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7 K
  6. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan Ketatausahaan Madrasah secara berkala
  7. Hubungan Masyarakat.
B.     Program jangka menengah dan jangka panjang ( kurun waktu 2015 – 2016 )
1.    Program kerja jangka menengah merupakan kelanjutan atau penyempurnaan program jangka pendek, dan program jangka panjang merupakan rangkaian terakhir dari seluruh kerja Tata Usaha
2.    Evaluasi pelaksanaan program program jangka menengah yang mencapai penyempurnaan dilaksanakan dalam program kerja yang berikutnya (terakhir)
3.    Tabel Program kerja yang akan dilaksanakan kurun waktu : 2015/2016

NO
BULAN
KEGIATAN
1.
Juli 2015
( 1 s.d  31)
1.      Rakoor Madrasah
2.    Mempersiapkan tempat untuk rapat dinas Guru dan pembagian tugas
3.    Pembuatan Program Kerja Tahunan
4.    Pembagian tugas
5.    Pembagian Ruang kelas siswa
6.    Pembuatan Absensi kelas VII, VIII, dan IX
7.    Pembuatan absen kelas VII, VIII, dan IX
8.    Pembuatan Laporan PPDB
9.    Pembuatan Agenda Tatap Muka siswa
10.Pengajuan Peserta TFG semester  1
11.Daftar Ulang Siswa Baru
12. Daftar ulang siswa kelas VIII dan IX
13.Pelaksanaan MOPDB
14.Pembuatan tata tertib siswa baru
15.Pendataan peserta penerima BSM semester II
16.Pengelolaan Data SIMPEG
17. Penulisan nilai Leger ke dalam buku Induk Siswa
18.Pengelolaan berita website
19. Membuat daftar hadir guru dan pegawai
20. Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
21. Mendata Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
22.Pembuatan SK pembagian tugas guru
23.Mencari informasi baru melalui media massa, layanan internet, dan dinas terkait
24.Pembuatan laporan bulanan
25.Pembuatan laporan capaian kinerja harian
26.Persiapan EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016
27.Pembuatan data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016
28.Mengganti daftar hadir guru dan pegawai dan mengarsipkan daftar hadir bulan lalu
29.Pembuatan agenda piket guru
30.Verifikasi data siswa
31. Menulis biodata siswa kelas VII kedalam buku induk siswa
32. Mempersiapkan tempat rapat awal tahun antara orang tua murid dengan   pihak Madrasah
33.Penanda tanganan surat pernayataan TFG Guru honorer tahap 1
34.Pembuatan laporan BAZDA
 2.
Agustus 2015
(1 s.d 31 )
1.    Rakoor Madrasah
2.    Pembuatan RAPBM / APBM
3.    Pendataan barang inventarisasi yang rusak / perbaikan kursi meja yang rusak
4.    Pengurusan mutasi siswa kelas VIII dan IX
5.    Pembuatan Agenda Kelas VII,VIII & IX
6.    Pengajuan jumlah Siswa Penerima BOS
7.    Laporan ketatausahaan
8..Pengelolaan Data SIMPEG
9.Pengelolaan berita website
10. Membuat daftar hadir guru dan pegawai
11.Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
12. Mendata Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
13. Pengajuan berkala guru dan pegawai madrasah
14.Pembuatan laporan bulanan
15.Pembuatan laporan capaian kinerja harian
16.Pembuatan data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016
17.Mengganti daftar hadir guru dan pegawai dan mengarsipkan daftar hadir bulan lalu
18. Mencari informasi baru melalui media massa, layanan internet, dan dinas terkait
20. Pencairan BSM Tahap 1
21. Pembuatan laporan BAZDA
22.Membuat SK Berkala TMT Oktober 2015
3.
September 2015
( 1 s.d 30 )
1.      Rakoor Madrasah
2.      Menulis biodata Siswa Kelas VIII ke dalam buku Induk siswa
3.      Mengisi buku klaper siswa yang baru dan siswa mutasi kelas VII dan VIII
4.      Membuat laporan Triwulan Inventaris Madrasah
5.      Penulisan papan Statistik, Profil  Madrasah dll
6.      Pendataan barang Inventaris yang rusak/meja dan kursi diperbaiki.
7.      Pengetikan ulangan harian Siswa / digandakan
8.      Rapat dan pengarahan untuk Tata Usaha
9. Mendata Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
10.  Laporan Realisasi rutin / SPJ BOS
11.  Laporan Inventaris Barang
12.Pembuatan dan Pengajuan data peserta UN
13.Pengelolaan data SIMPEG
14.Pengelolaanberita website
15. Membuat daftar hadir guru dan pegawai
16. Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
17.Pengiriman data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016 ke Kantor Kemenag Batang Hari
18. Pembuatan laporan bulanan
19.Pembuatan laporan capaian kinerja harian
20.Mengganti daftar hadir guru dan pegawai dan mengarsipkan daftar hadir bulan lalu
21. Mencari informasi baru melalui media massa, layanan internet, dan dinas terkait
22. Pengetikan Daftar Peserta UN/UM
23,Mengkoordinir guru dan pegawai dalam pengurusan kenaikan pangkat periode April 2016
24.Mengadakan kegiatan workshop pendampingan implementasi K13 di madrasah Tahun 2015
25. Pembuatan laporan BAZDA
26.Pembuatan Laporan kegiatan workshop pendampingan implementasi K13 di madrasah Tahun 2015
27.Merekap berita website untuk triwulan 3 Tahun 2015
4.
Oktober 2015
(1 s.d 31 )
1.    Rakoor Madrasah
2.       Pembuatan Program Kerja Ulangan Tengah Semester
3.       Mendata siswa yang bermasalah kehadirannya
4.       Pendataan barang Inventaris yang rusak ( Kursi / meja untuk diperbaiki
5.       Pengumpulan Ijazah siswa kls VII,VII & IX
6.       Pengetikan Daftar Peserta UN/UM
7.       Pengajuan jumlah Siswa Penerima BOS
8.       Pembuatan laporan bulanan
9. Pembuatan laporan capaian kinerja harian
10.Membuat daftar hadir guru dan pegawai
11. Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
12.Mengganti daftar hadir guru dan pegawai dan mengarsipkan daftar hadir bulan lalu
13. Mencari informasi baru melalui media massa, layanan internet, dan dinas terkait
14. Pelaksanaan Mid Semester ganjil
17.Pengelolaan data SIMPEG
18.Pegelolaan berita website
19.Pengajuan berkala guru dan pegawai madrasah
20. Pengiriman data EMIS Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015-2016 melalui online
21. Membuat laporan kegiatan workshop pendampingan implementasi K13 di madrasah Tahun 2015
22.Pembuatan laporan BAZDA
23. Membuat SK Berkala TMT Desember 2015


5.

November 2015
(1 s.d 30 )
1.      Rakoor Madrasah
2.      Mempersiapkan tempat rapat persiapan menghadapi Ujian Semester Ganjil sisw kelas VII, VIII, dan IX
3.      Persiapan kegiatan ujian semmester ganjil
4.      Pembuatan absensi kelas VII, VIII, dan kelas IX
5.      Mendata Siswa yang bermasalah kehadirannya
6.      Mengetik naskah Ujian semester ganjil  dan digandakan
7.      Mendata barang Inventaris / meja kursi yang rusak untuk diperbaiki
8.      Memeriksa/mendata  Buku raport Siswa
9.      Pembuatan Agenda Tatap Muka siswa
10.  Pengajuan Peserta TFG semester  2
11.  Pengelolaan data SIMPEG
12.  Pegelolaan berita website
13.  Membuat daftar hadir guru dan pegawai
14.  Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
15.  Mengganti daftar hadir guru dan pegawai dan mengarsipkan daftar hadir bulan lalu
16.   Pengajuan berkala guru dan pegawai madrasah
17.   Pembuatan laporan bulanan
18.   Pembuatan laporan BAZDA
19.   Membuat laporan kegiatan workshop pendampingan implementasi K13 di madrasah Tahun 2015
20.   Membuat SK Berkala TMT Januari 2016
6.
Desember 2015
( 1 s.d 31 )
1.      Rakoor Madrasah
2.      Penulisan nilai leger ke dalam buku Induk Siswa
3.      Pelaksanaan Ujian Semester Ganjil  
4.      Pembuatan absensi kelas X, XI, dan kelas XII
5.      Pembuatan Laporan Triwulan barang Inventaris
6.      Pembuatan daftar Urut Kepangkatan ( DUK )
7.      Pendataan Siswa bermasalah tentang kehadirannya
8.      Pembuatan laporan realisasi keuangan Rutin BOS
9.      Mendata barang-barang Inventaris yang rusak untuk diperbaiki
10.  Membuat daftar penerimaan Buku raport
11.  Mengadakan Rapat Tata Usaha
12.Pembuatan laporan bulanan
13.Pembuatan laporan capaian kinerja harian
14.Mencari informasi baru melalui media massa, layanan internet, dan dinas terkait
15.Pengelolaan data SIMPEG
16.Pegelolaan berita website
17.Membuat daftar hadir guru dan pegawai
18.Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
19. Mengganti daftar hadir guru dan pegawai dan mengarsipkan daftar hadir bulan lalu
20. Mendata Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
21.Pembuatan laporan BAZDA
22. Merekap berita website untuk triwulan 4 Tahun 2015
7.
Januari 2016
( 1 s.d 31 )
1.    Pengetikan Biosma
2.    Mempersiapkan tempat untuk rapat dinas Guru dan pembagian tugas
3.    Rakoor Madrasah
4.    Mendata Siswa yang bermasalah kehadirannya
5.    Menyampaikan SKP guru dan pegawai ke Kantor Kemenag Batang Hari
6.    Pembuatan Program Kerja Madrasah Tahun 2015
7.    Pemeriksaan absensi kelas VII, VIII, dan kelas IX
8.    Merapihkan seluruh Administrasi Madrasah
9.    Pengetikan Naskah ulangan harian Siswa
10.Mendata barang Inventaris yang rusak untuk diperbaiki
11.Pembuatan Lakip
12.Pembuatan Penkin
13.Memasukkan nilai Semester 1 ke dalam buku Induk.
14.Pengajuan jumlah Siswa Penerima BOS
15.Laporan SPPB BOS
16.Persiapan Administrasi Pendalaman Materi kelas IX
17.Penyampaian DUK
18.Pembuatan SK Honorer Tenaga Pendidik dan Kependidikan
19.Pembuatan SKP
20.Pembuatan Usulan KPA
21.Pembuatan SK Pembagian Tugas  Guru
22.Pembuatan Struktur Baru
23.Pembuatan SK Tim Manajemen BOS
24.Pembuatan SK Kegiatan Les Pelajaran Tambahan
25.Program kerja kegiatan les pelajaran tambahan
26Pertemuan dengan orang tua/wali siswa kelas IX
27.Pelaksanaan kegiatan les pelajaran tambahan
28.Mempersiapkan Program Kerja Ujian Akhir Semester Genap Kelas IX (UAS)
29.Mempersiapkan Program Kerja UAM dan UAMBN
30.Pembuatan berita website
31.Pembuatan laporan bulanan
32.Verifikasi DNT
33.Mempersiapkan Ruang rapat Guru untuk menghadapi pelaksanaan UAS, UAM, dan UAMBN
34.Pendataan peserta penerima BSM semester I
35.Penulisan nilai Leger ke dalam buku Induk Siswa
36.Pengelolaan data SIMPEG
37.Pegelolaan berita website
38.Membuat SPMT dan SPMJ guru/pegawai
39.Membuat KP4
40.Membuat daftar hadir guru dan pegawai
41.Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
42.Pengajuan berkala guru dan pegawai madrasah
43. Mengganti daftar hadir guru dan pegawai dan mengarsipkan daftar hadir bulan lalu
44.Pembuatan laporan capaian kinerja harian
45.Persiapan EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2015-2016
46. Pembuatan laporan BAZDA
8.
Februari 2016
( 1 s.d 28 )
1.    Pemeriksaan absensi kelas X, XI dan XII
2.    Rakoor Madrasah
3.    Pengetikan Naskah administrasi UAS, UAM, dan UAMBN
4.    Pelaksanaan kegiatan les pelajaran tambahan
5.    Mendata barang-barang Inventaris yang rusak untuk diperbaiki
6.    Penyampaian laporan realisasi BSM Semester 2 Tahun Anggaran 2015
7.    Mendata Siswa yang bermasalah kehadirannya
8.    Mempersiapkan untuk ulangan
9. Persiapan Pelaksanaan Ulangan Tengah Semester
10.Laporan Ketatausahaan
11.Penyampaian Lakip
12.Penyampaian Penkin
13.Pembuatan Data EMIS Semester Genap
14.Pegelolaan berita website
15.Pengelolaan data SIMPEG
1.    16. Membuat daftar hadir guru dan pegawai
17. Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
18. Pembuatan laporan bulanan
19. Pembuatan laporan capaian kinerja harian
20. Pembuatan laporan BAZDA
21.Mengentry data SPT Tahunan/LHKASN untuk 2016
22. Membuat SK Berkala TMT April 2016
9.

Maret 2016
( 1 s.d 31)

1.      Rakoor Madrasah
2.      Pengetikan Naskah soal UAS dan UAM
3.      Pemeriksaan absensi kelas : VII, VIII dan kelas IX
4.      Mendata barang barang Inventaris yang rusak untuk diperbaiki.
5.      Pelaksanaan UAS, UAM, dan UAMBN
6.      Pembuatan laporan realisasi keuangan BOS
7.      Pembuatan laporan Triwulan barang Inventaris
8.      Persiapan Rapat Ujian Nasional/Madrasah
9.      Pegelolaan berita website
10.  Laporan ketatausahaan
11.  Pembuatan EMIS Semester Genap
12.  Pengelolaan data SIMPEG
2.    13.Membuat daftar hadir guru dan pegawai
14.Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
15. Mendata Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
16. Pembuatan laporan bulanan
17. Pembuatan laporan capaian kinerja harian
28. Pembuatan laporan BAZDA
29. Merekap berita website untuk triwulan 1 Tahun 2016
30. Mengentry data SPT Tahunan/LHKASN untuk 2016
10.
April 2016
( 1 s.d 30
1.      Rakoor Madrasah
2.      Pemeriksaan Absensi Kelas : IX,VIII & VII
3.      Mendata barang-barang Inventaris yang rusak untuk diperbaiki
4.      Mendata Siswa bermasalah tentang kehadirannya
5.      Pengajauan jumlah Siswa penerima BOS
6.      Mempersiapkan Ruang rapat Guru untuk menghadapi pelaksanaan UN
7.      Pembuatan Program Kerja UN/UM
8.      Persiapan pelaksanaan UN
9.      Penyerahan Data EMIS Semester Genap
10.  Laporan ketatausahaan
11.  Pegelolaan berita website
12.  Pengelolaan data SIMPEG
3.    13.Membuat daftar hadir guru dan pegawai
14.Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
15. Pembuatan laporan bulanan
16. Pembuatan laporan capaian kinerja harian
27. Pembuatan laporan BAZDA
11.
Mei 2016
( 1 s.d 31 )
1.   Rakoor Madrasah
2.    Persiapan pembuatan format-format persiapan PPDB
3.    Rapat pembagian tugas / pelaksanaan PPDB
4.    Pembuatan absensi kelas : VII, VIII, dan kelas IX
5.    Pelaksanaan UN
6.    Pendataan barang-barang Inventaris yang rusak untuk diperbaiki
7.    Mempersiapkan Ruang rapat Guru pengawas silang
8.    Mempersiapkan Ruang rapat Guru untuk menghadapi penentuan kelulusan kelas IX
9.    Mempersiapkan Ruang rapat Guru untuk menghadapi pelaksanaan Ujian Semester Genap siswa kelas VII dan VIII
10.Memeriksa/mendata  Buku raport Siswa
11.Pengelolaan data SIMPEG
12.Pegelolaan berita website
13.Membuat daftar hadir guru dan pegawai
14Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
15. Mendata Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
16. Pembuatan laporan bulanan
17. Pembuatan laporan capaian kinerja harian
18. Pembuatan laporan BAZDA
12.
Juni 2016
( 1 s.d 30 )
1.    Rakoor Madrasah
2.    Pembuatan absensi kelas : VII , VIII dan kelasIX
3.    Pembuatan Formulir Biodata siswa Baru
4.    Pelaksanaan kegiatan PPDB
5.    Mempersiapkan pelaksanaan US II (Genap) siswa kelas VII dan VIII
6.    Pengetikan Naskah soal Ujian Semester Genap siswa kelas VII dan VIII
7.    Pelaksanaan Ujian Semester Genap Siswa kelas VII dan VIII
8.    Mempersiapkan format untuk siswa baru kelas VII
9.    Mendata barang-barang Inventaris yang rusak untuk diperbaiki
10.Pembuatan laporan Realisasi Keuangan BOS
11.Pengajuan jumlah Siswa Penerima BOS
12.Pembuatan laporan triwulan barang Inventaris
13.Membuat Anjab dan ABK Jabatan Struktural dan Fungsional Guru
14.Persiapan MOS
15.Pengelolaan data SIMPEG
16.Pegelolaan berita website
17.Membuat daftar hadir guru dan pegawai
18.Memeriksa daftar hadir guru dan pegawai
19. Mendata Siswa yang bermasalah dengan kehadirannya.
20. Pembuatan laporan bulanan
21. Pembuatan laporan capaian kinerja harian
22. Pembuatan laporan BAZDA
23. Merekap berita website untuk triwulan 2 Tahun 2016

No.
KEGIATAN
Juli
Agus
Sept
Okt
Nop
Des
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
1
Administrasi Kesiswaan
2
Penerimaan Siswa baru
3
Data Siswa
4
Buku Klaper
5
Buku Induk Siswa
6
Buku Mutasi Siswa
7
Pencatatan Nilai
8
Pembagian Raport
9
Pembagian STTB
10
Laporan Bulanan
11
Laporan Triwulan
12
Absensi Siswa
13
Daftar 8355
14
Ulangan Umum CW
15
Administrasi Kepegawaian
16
Absensi Guru/Pegawai
17
Daftar urut Kepangkatan
18
Pembuatan SKP
19
Kenaikan Pangkat/Gol
20
Kenaikan Gaji Berkala
21
Pengusulan GTT
22
Buku Induk Pegawai
23
Laporan Kepegawaian
24
File Pegawai
25
Administrasi Kelengkapan
26
Data Inventaris
27
Penerimaan Barang
28
Inventaris
29
Habis Pakai
30
Pengeluaran Barang
31
Inventaris
32
Habis Pakai
33
Buku Induk Inventaris
34
Buku Gol. Barang
35
Laporan Bulanan
36
Laporan Triwulan
37
Laporan Tahunan
38
Buku Stok barang
39
Administrasi Keuangan
40
RAPBM
41
APBM
42
Gaji
43
Buku Harian
44
Buku Bank
45
Buku Kas Tunai
46
Buku Kas Umum Tabelaris
47
Pembuatan SPJ/SPP
48
Pembayaran gaji
49
Buku Prestasi Siswa












50
Buku Prestasi Guru












51
Buku Prestasi Madrasah












52
Buku Agenda Harian Surat Keluar














BAB VI
PENUTUP

Demikian Program Kerja Tata Usaha ini disusun dengan harapan dapat bermanfaat dalam Pelaksanaan Administrasi di MTsN Muara Tembesi Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kepada semua pihak yang terkait dalam ketatausahaan ini, kami berharap kerja samanya untuk saling koordinasi dan mengevaluasi demi suksesnya administrasi di MTsN Muara Tembesi. Dan atas segala dedikasinya kami ucapkan terima kasih, jazakumullah khairan katsiran.

Dibuat di                 : Muara Tembesi
Pada Tanggal          :          Juli 2015
Kaur  TU,


Imaroh, S.Ag
NIP 197607052003122004

  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SISWA MTSN 6 BATANG HARI IKUTI KEGIATAN O2SN TAHUN 2018

3 Point Pembahasan Rapat Rutin MTs Negeri Muara Tembesi